Git Push via Android Studio

Halo, kali ini gw mau share tutorial cara Push di Android Studio, pada kali ini lumayan mudah sih, cuma push ke github udah gitu aja, Pastikan kalian punya akun github, mendapat akses izin repository & sudah konfigurasi git pada android studio, langsung saja gapake basa basi.

Commit & Push

Jika kalian ingin Commit & Push kalian bisa ke menu “VCS –> Commit”.

Dialog Commit

Setelah kalian pilih menu diatas VCS –> Commit, akan muncul dialog seperti ini, dan muncul file mana saja yang akan di upload ke github, beserta Pesan Commit yang ingin kalian masukan, jika semua udah beres silahkan pilih tombol “Commit” tapi yang gambar segitiga disampingnya (Sebenarnya bisa sih kalo langsung ke tombol commit, setelah itu kalian ke menu atas VCS –> Git –> Push) cuma pada kasus ini gw mau ngasih jalan tercepat aja biar sekalian push ke githubnya.

Push Dialog

dan kalian akan menemukan dialog seperti ini untuk di upload / push kedalam repositori, kalian bisa merubah branch dibagian ini, jika direpositori kalian mempunyai lebih dari 1 branch bisa aja gapake master pada origin. jika sudah beres langsung pilih tombol “Push”.

Push Berhasil

Jika muncul notifikasi seperti ini tandanya kalian telah berhasil mem push, jika gagal pastikan punya koneksi internet, konfigurasi pada git benar atau mempunyai izin akses repositori.

Hasil Push pada website github

munculah commit yang telah kita buat, dan pesan commit yang barusan kita ketik, kalo tadi gw ketik “improvisasi menu” dan muncul.

Via Command Line


//Git Commit
git commit -m ‘committing added changes’git
commit -a -m ‘committing all changes, equals to git add and git commit’

//Git Push
git push origin master

Akhir Kata

mungkin kalian liat ada file yang berwarna, entah hijau atau biru. Nah file yang berwarna hijau itu menunjukan kalo filenya itu baru dan belom pernah di push sama sekali, dan jika filenya berwarna biru bertandakan kita merubah file tersebut yang sudah pernah kita push, mungkin itu aja sih dari gw, semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂

Bagikan Melalui :

Post Author: Berandalan Jenius

Seorang Berandalan Jenius yang bercita-cita menjadi penulis dan membuat terkesan cewek yang ia sukai.